Keuangan

Penulisan Gelar

Jika ada gelar ganda maka kedua gelar tersebut ditempatkan di belakang nama penyandang gelar. Setiap gelar ditulis dengan menggunakan sebuah tanda titik antara satu huruf dengan huruf lain di singkatan dari gelar. Khusus untuk gelar yang ditulis di belakang nama, maka wajib ditambahkan tanda koma setelah nama pemilik gelar selesai ditulis baru disusul gelar pendidikan yang dimaksud. Setelah mengenal seluk beluk dari gelar MBA dari penjelasan diatas, maka pembahasan berikutnya adalah mengenai tata cara penulisan gelar MBA. Penulisan gelar pendidikan maupun jenis lain memang tidak wajib. Namun pada beberapa kesempatan penulisannya memang dibutuhkan maupun diinginkan oleh pemilik gelar.

Jika M.Phil mengharuskan mahasiswa untuk melakukan sebuah riset, maka berbeda dengan MRes. Disini semua mahasiswa akan belajar bagaimana melakukan sebuah riset. Karena materi belajar yang berbeda maka karir yang biasanya dituju adalah menjadi peneliti. Kamu bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan jurusan S1 yang pernah dipelajari, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk lintas jurusan.

Lulusan peternakan, atau sarjana peternakan (S.Pt) pastinya tidak dapat menjadi dokter hewan. Mereka dapat menjadi dokter hewan apabila kembali bersekolah di FKH dan lulus menjadi dokter hewan dari pendidikan sarjana kedokteran hewan selama 4 tahun dan pendidikan profesi dokter hewan selama 2 tahun. Master of Divinity (M.Div). Biasanya M.Div dianggap lebih tinggi dari MTS/MCS/MA karena jumlah SKS yang lebih banyak. Mata kuliah dalam program M.Div mencakup banyak bidang sehingga menjadi program studi teologi yang bersifat komprehensif.

Sarjana merupakan jenjang pendidikan Strata-1 atau biasa disingkat S1 dan lulusan program pendidikan vokasi S1 Terapan/Diploma 4 (D-IV). Beban studi untuk meraih gelar Sarjana umumnya adalah 144 SKS dan secara normatif ditempuh selama 4 tahun. Gelar Sarjana ditulis di belakang nama lulusan program studi Sarjana dengan mencamtumkan huruf “S.” dan diikuti dengan inisial gelar.

Gelar yang setara dengan rakyat biasa dapat dinaikkan derajatnya menjadi gelar yang lebih tinggi jika diberi gelar oleh orang tuanya. Jika habis, maka sang anak hanya mendapat gelar setara dengan rakyat biasa. Untuk gelar kepangkatan bagi perempuan di lingkup Keraton Kesultanan, sama dengan laki-laki, hanya ditambah Nyai didepannya. Misalnya, Nyai K.R.T. Retnohadiningrum , Nyai Raden Wedana Puspitaningsih , dst. Apabila yang bersangkutan bukan berasal dari keturunan bangsawan, gelar Raden diubah menjadi Mas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button